Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cabdisdik Abdya Bersama Kampus UTU, STAIN Meulaboh Sosialisasikan SPAN dan UM-PTKIN

humannesia.com / Blangpidie - Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Barat Daya menerima kunjungan senat dari Universitas Teuku Umar (UTU) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh.

UTU Meulaboh

Kunjungan dua perguruan tinggi itu dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) yang dilakukan oleh UTU.

Sementara STAIN Tengku Dirundeng mensosialisasikan akan dibukanya pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTKIN).

Kegiatan yang dihadiri semua Kepala SMA/SMK dan MA berlangsung di Aula Cabdisdik Wilayah Abdya, Kamis (9/2/2023).

Kacabdisdik Wilayah Abdya, Drs Nasrun MM diwakili kasie manajemen GTK dan mutu siswa, Jamaruddin SPd menyambut baik kehadiran dua kampus tetangga yakni, UTU dan STAIN dari Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Kata Jamaruddin, tujuan kampus UTU ke Abdya untuk mensosialisasikan pelaksanaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) pada tahun akasemik 2023/2024.

Sedangkan STAIN Tengku Dirundeng untuk sosialisasi akan dibukanya pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTKIN).

"Sosialisasi ini sangat penting mengingat tidak lama lagi siswa kelas XII baik di SMA, SMK dan MA akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi," ucap Jamaruddin.

Menurutnya, sosialisasi yang disampaikan kepada kepala sekolah agar diteruskan kepada dewan guru di sekolah masing-masing agar siswa menyiapkan diri.

"Kita berharap tahun ini siswa di Abdya baik sekolah umum maupun madrasah banyak yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terutama pada jurusan favorit," pintanya.

Namun ujarnya, apabila siswa kita tidak lulus di PTN pada jurusan favorit, masih ada PTS dengan berbagai program studi yang siap mendidik putra-putri Abdya untuk menjadi sarjana.

Jamaruddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada senat dari UTU dan STAIN yang telah berhadir ke Kabupaten Abdya dan kepala sekolah/madrasah yang berhadir.

Pada sosialisasi ini dari Kampus UTU dihadiri Dekan Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)  Basri SH MH, Dekan Fakultas Pertanian, Rusdi Faizin SP MSi dan Wakil Dekan I Fakuktas Kesehatan Masyarakat (FKM), Safrizal MKes.

Sedangkan dari Kampus STAIN Teungku Dirundeng langsung dihadiri ketuanya Dr Inayatillah MAg di dampingi wakik ketua 2 bidang administrasi umum, Sy Rohana MA.(*)

Penulis : Baihaki