Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketua Umum SOIna Pusat Kukuhkan Pengurus Provinsi Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Ketua Umum Special Olymlics Indonesia (SOIna), Warsito Ellwein mengukuhkan Pengurus SOIna Provinsi Aceh periode 2024-2028 berlangsung di Aula Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Rabu (26/6/2024).


Pj. Gubernur Aceh, Bustami diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni MPd dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum SOIna yang telah hadir ke Kota Banda Aceh.

"SOIna ini merupakan organisasi yang baru terbentuk kepengurusannya di Aceh, maka perlu membangun kerja sama dan kemitraan dengan Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan, Cabang Dinas, Disdikbud masing-masing daerah serta pihak-pihak swasta lainnya," ujar Syarwan.

Kata Syarwan, karena organisasi ini khusus menangani kreativitas anak-anak berkebutuhan khusus perlu dilakukan pembinaan secara khusus pula.

"Semoga anak-anak Aceh penyandang disabilitas bisa berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional, karena mereka juga memiliki talenta baik di bidang olahraga, seni dan bidang lainnya," pinta Syarwan.

Ketua Umum SOIna Pusat, Warsito Ellwain dalam arahannya sambutan dan arahan megatakan, SOIna ini agar bisa memfasilitasi dan membuka ruang seluas-luasnya bagi 0BK (Orang Berkebutuhan Khusus) yang bertalenta atau atlet untuk dapat menumbuhkembangkan bakat dan minatnya secara aman, nyaman, menyenangkan dan bermartabat.

"Mendorong terciptanya masyarakat inklusi yang setara dimana tidak ada perbedaan antara orang disabilitas dan non disabilitas merupakan hal terpenting," kata Warsito.

Dikatakannya, melalui aktivitas olahraga dan non olahraga berupaya terciptanya masyarakat sehat, bugar, berpola kehidupan yang sehat jasmani dan rohani.

Warsito menambahkan, SOIna ini agar bisa mendorong OBK untuk tampil dan mengambil peran dalam dunia global yang semakin maju dan majemuk.

Sedangkan Ketua SOIna Provinsi Aceh yang baru saja dikukuhkan, Hj Jamilah MPd secara singkat mengatakan, bahwa kita adalah satu baik itu di Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) maupun SOIna menjadi satu kesatuan yang hebat.

"Saat ini ada 4 klub dan 200 atlet yang sudah ada di Aceh, dan untuk selanjutnya akan kita kembangkan untuk masing-masing daerah supaya semakin berkembang dan solid untuk dilakukan pembinaan secara berkesinambungan," sebut Jamilah.

Pada pengukuhan itu turut hadir Pengurus Cabang SOIna Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Jaya dan Aceh Tengah.(***)

Kontributor : Baihaqi