Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tim Pengabdian USK Lakukan Bakti Sosial Produk Tepat Guna di Desa Binaan

humannesia.com / BANDA ACEH -  Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis gampong binaan dan berbasis produk teknologi tepat guna.

PKM unsyiah

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, pada Rabu (23/7/2024).

Menurut Koordinator Tim Pengabdian, Dr Irfan Zikri mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya universitas untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas di Universitas Syiah Kuala," ujar Irfan. 

Katanya, kegiatan ini bekerja sama dengan perangkat gampong, pengabdian ini menggandeng tiga tema sekaligus.

Irfan menyebutkan, tiga tema itu yakni, pendampingan pemetaan potensi sumber daya gampong untuk pengembangan ekonomi inklusif.

Kemudian, pelatihan dan pendampingan produksi parfum non-alkohol bagi kelompok pemuda Gampong Deah Raya untuk souvenir khas pada lokasi wisata religi Makam Syiah Kuala.

Terakhir, pengelolaan limbah hasil laut di Desa Deah Raya untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi dampak lingkungan.

"Rangkaian kegiatan ini merupakan implementasi skema hibah pengabdian kepada masyarakat dari sumber pendanaan LPPM USK," ungkap Irfan.

Dijelaskannya, dalam pembukaan kegiatan sosialisasi dan diskusi kelompok terumpun bersama perangkat gampong.

Dalam hal ini dijelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini diharapkan menjadi langkah awal bagi terciptanya hubungan yang lebih erat antara pihak USK dan masyarakat Desa Deah Raya yang telah turut menjaga wilayah Makam Ulama Syiah Kuala sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke situs sejarah tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong perkembangan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Irfan.

Kepala Desa Deah Raya, Samsul Bahri AW didampingi Sekdes, Darwin dan jajaran gampong mengungkapkan, rasa terima kasih kepada USK atas perhatian dan dukungan terhadap pembangunan desa. 

“Kami sangat berterima kasih kepada USK atas pelaksanaan pengabdian ini beserta program-program yang telah direncanakan. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang,” ucap Samsul.

Informasi yang diterima oleh media ini dari koordinator tim pengabdian kepada masyarakat berbasis gampong binaan dan berbasis produk teknologi tepat guna ini akan berlangsung selama satu bulan. 

Kegiatan ini dari dosen koordinatornya, Dr Irfan Zikri (FP), Dr Indra (Fakultas FP), Dr Sulastri (FKIP), Kana Puspita MSiP (FKIP), Dr Ernawati (FE dan Bisnis), Suraiya Kamaruzzaman MT (FT).

Kemudian ada Dr Muhibbuddin (FT), Friesca Erwan MT MProjMgt (FT), Zaudhatul Ulya MA (FT), Nur Izzaty MScEng (FT), dan Sri Agustina MS (Fak. Kelautan dan Perikanan). 

Tim dosen ini dibantu oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam skema KKN Tematik USK dari berbagai jurusan/program studi, diantaranya FKIP MIPA, Teknik Kimia, Teknik Industri, Agribisnis, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Komunikasi.(***)

Kontributor : Baihaqi