Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

YBKN Aceh Jaya Sosialisasi Bahaya Kanker P di SMA Negeri 1 Setia Bakti

humannesia.com / ACEH JAYA - Pengurus Yayasan Binaan Kanker Nusantara (YBKN) mengadakan sosialisasi kesehatan mengenai tumor dan kanker serta upaya pencegahannya kepada guru SMA Negeri 1 Setia Bakti Aceh Jaya, Kamis, (26/7/2024).

Pengurus YBKN Aceh Jaya
Pengurus YBKN Aceh Jaya Berfoto Bersama dengan Kapala SMAN 1 Setia Bakti dan Dewan Guru Usai Sosialisasi


Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Koordinator Konsultan YBKN Aceh Jaya Nadya Maulida Kamal, SKM, yang didampingi oleh 3 orang Tim Konsultan Training Nofira Oktamanda Salsabilla Amd. Kep, Tabriza Amd.Keb, dan Ulfa Jazila Amd.Kep.

Nadya Maulida Kamal menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan edukasi kesehatan kepada warga sekolah agar dapat mencegah dan mewaspadai terjadinya kanker terutama kanker payudara (Kanker P) yang sering diderita oleh kaum perempuan

"Kehadiran kami bertujuan untuk mengedukasi kesehatan dan memberikan informasi serta pemahaman kepada guru tentang bahayanya kanker, penyebab terjadinya kanker, cara pencegahan dan cara mengobatinya" jelas Nadya

Nadya Maulida juga menuturkan agar semua peserta dapat menjaga pola hidup dan pola makan, sehingga dapat terhindar dari penyakit tumor dan kanker yang rawan terjadi kepada siapa saja dan kapan saja.

Selain itu, Nadya juga merekomendasikan beberapa tanaman herbal yang dapat dikunsumsi untuk mengobati kanker seperti Sirsak, Keladi Ekor Tikus, dan Temu Putih.

" Saat ini kami sedang membudidayakan Temu Putih dan hasilnya kami bagikan secara gratis kepada masyarakat yang mebutuhkan, jika sekolah mau membudidayakannya, Insya Allah kami akan memberikan bibitnya secara gratis juga, dan tentunya kami berharap hasilnya nanti juga harus dibagikan secara gratis kepada maasyarakat" harapnya.

Sosialisasi Kanker Payudara YBKN Aceh Jaya
Koordinator Konsultan YBKN Aceh Jaya Nadya Maulida Kamal, SKM sedang mensosialisasikan Bahaya Kanker kepada Guru SMAN 1 Setia Bakti 


Nadya juga berharap kepada semua peserta untuk menjadi mitra YBKN dalam meneruskan sosialisasi tersebut kepada masyarakat, selain itu peserta diharapkan dapat mendata masyarakat yang terkena kanker payudara agar dapat mengimformasikan kepada pihaknya.

"Jika ada masyarakat yang terindikasi mengalami kanker payudara, mohon dinformasikan kepada kami, Insya Allah kita akan berusaha untuk membantu" ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Setia Bakti Maswadi, S.Pd yang ikut serta dalam sosialisasi tersebut sangat mengapresiasi kehadiran pengurus YBKN ke sekolahnya, menurutnya informasi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk warga sekolah agar dapat menjaga kesehatan dan mewaspadai terjadinya penyakit.

" Kami berharap sosialisasi ini bukan hanya disampaikan kepada kami (guru dan tenaga kependidikan), tapi juga dapat disosialisasikan langsung kepada para siswa, agar anak-anak kami juga teredukasi sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit, terutama kanker dan tumor" harapnya

Maswadi juga berjanji akan memfasilitasi dan menyiapkan waktu khusus kepada pengurus YBKN agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Menyahuti tawaran dari pengurus YBKN tentang budidaya Temu Putih, Maswadi menyampaikan kesediaannya untuk membudidayakan Temu Putih tersebut bersama warga sekolah lainnya termasuk siswa, dan akan memasukkan jenis tanaman tersebut dalam Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kurikulum merdeka.

Kontributor : Hafizh