Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raih Juara Satu Tingkat Provinsi, Tim Kihajar STEM SMKN 1 Tapaktuan Wakili Aceh ke Tingkat Nasional

humannesia.com / TAPAKTUAN - Tim Kihajar STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematic) SMK Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan kembali menorehkan hasil fantastis pada jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh tahun 2024.

Juara Kihajar Aceh
Para Juara Bersama Kepala SMKN 1 Tapak Tuan

Pasalnya, Tim SMK Negeri 1 Tapaktuan kembali terpilih sebagai juara 1 (satu) Kihajar STEM jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh setelah berhasil lolos pada seleksi tahap Basic yang dilaksanakan pada 10 Agustus 2024 dan tahap Intermediate pada 24 Agustus 2024 secara daring.

Kepala SMK Negeri 1 Tapaktuan, Kurnaidi MPd pada Sabtu (14/9) mengatakan, informasi keberhasilan Tim Kihajar sekolah yang dilimpinnya itu diperoleh dari pengumuman yang dikeluarkan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id/, 13 September 2024.

Kurnaidi menyampaikan, rasa syukur dan bangga atas torehan prestasi diraih anak didiknya dalam ajang Kihajar STEM yang dilaksanakan BLPT Kemdikbudristek.

“Alhamdulillah tahun ini Tim Kihajar STEM SMK Negeri 1 Tapaktuan kembali meraih Juara 1 tahap Advance dan mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional, ini merupakan prestasi yang membanggakan diraih oleh peserta didiknya," ucapnya.

Kepala sekolah menyebutkan, tiga orang siswa SMK Negeri 1 Tapaktuan yang mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional di ajang Kihajar STEM tahap final adalah tim Aceh 04.00031 yakni, Indra Setiawan, Jasmina, dan Zahara.

"Ketiga orang peserta tersebut berasal dari konsentrasi keahlian Desain dan Produksi Busana. Guru pembimbingnya Juliani Pasca Zumarni SPd dan Sarina SSi," sebut Kurnaidi.

Dijelaskannya, sebagai langkah selanjutnya, Tim Aceh 04.00031 SMK Negeri 1 Tapaktuan akan menghadapi tahap final yang akan digelar dari 16 September samlai 6 Oktober 2024.

Pada tahap final ini Tim Aceh 04.00031 menampilkan proyek berbasis STEM mengusung tema "Pembuatan Filter Asap Kendaraan untuk Mengurangi CO2 dengan Bahan Carbon Aktif dari Tempurung Kelapa."

Kurnaidi menuturkan, mereka akan mendokumentasikan proyek dalam bentuk video dan melakukan presentasi. Tim ini akan bersaing dengan perwakilan provinsi lain di seluruh Indonesia.

Menurutnya, selama tiga tahun berturut-turut, Tim Kihajar STEM SMK Negeri 1 Tapaktuan berhasil memperoleh nilai terbaik di tingkat provinsi, dan berhak mewakili Aceh ke tingkat nasional.

“Ini merupakan prestasi luar biasa yang ditorehkan peserta didik SMK Neveri 1 Tapaktuan di bawah arahan guru pembimbing masing-masing tim, serta dukungan dan bantuan dari seluruh guru dan tenaga Kependidikan di sekolah,” ungkapnya.

Kurnaidi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Kihajar STEM SMK Negeri 1 Tapaktuan atas motivasi, semangat, dan prestasi yang telah ditorehkan dalam Kihajar STEM mulai tahap Basic, Intermediate, sampai Tahap Advance.

Harapannya semoga pada tahap final di tingkat nasional, SMK Negeri 1 Tapaktuan akan menoreh prestasi gemilang.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Selatan yang telah mensupport sehingga para siswa SMK Negeri q Tapaktuan bisa masuk ke babak final di tingkat nasional.

Terpisah, Kacabdisdik Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM menyampaikan, prestasi yang diraih SMK Negeri 1 Tapaktuan pada Kihajar STEM Tahun 2024 merupakan prestasi yang luar biasa untuk Kabupaten Aceh Selatan sepanjang tahun 2024.

Katanya, dari dua Tim SMK yang lolos pada tahap Intermediate dan mengikuti seleksitahap Advance tingkat Provinsi Aceh, keduanya berasal dari SMK Negeri 1 Tapaktuan. Tentu hal Ini merupakan prestasi luar biasa yang patut dibanggakan.

“Terima kasih kepada kepala sekolah, guru dan tendik SMK Negeri 1 Tapaktuan, guru pembimbing dan seluruh peserta Kihajar STEM tahun 2024 atas dukungan, bimbingan, dan usahanya dalam mengukir prestasi ini, sehingga dapat mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional,” ucap Anmadwi.(***)

Kontributor : Baihaqi