Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikan Motivasi dan Inspirasi, Duta Baca Indonesia Sambangi MIN 11 Banda Aceh

humannesia.com / BANDA ACEH - Duta Baca Indonesia, Heri Hendriyana Harris atau lebih dikenal dengan panggilan, Gol A Gong menyambangi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Banda Aceh, tujuannya mengajak para murid untuk meningkatkan minat baca dan menulis sejak dini, berlangsung di madrasah setempat, Jum'at (4/10/2024)

Duta Baca Indonesia, Gol A Gong foto bersama Kepala MIN 11 Banda Aceh, Bakhtiar, Ketua IPI Aceh, Nazaruddin Musa, Kasi Kebudaaan Disdikbud Aceh Besar, Rusydi dangan beberapa orang guru dan murid madrasah setempat.

Dalam kunjungan keduakalinya di MIN 11 Banda Aceh, Gol A Gong menyampaikan, pentingnya literasi sebagai modal dasar dalam membentuk generasi yang cerdas dan kreatif.

Gol A Gong berkesempatan melatih para murid untuk menulis puisi. Beberapa murid berkesempatan membacakan karya mereka yang telah dibukukan dalam antologi berjudul "Bumantara Insani."

Duta Baca Indonesia itu turut didampingi Ketua Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh, Nazaruddin Musa. Gol A Gong berbagi pandangannya mengenai manfaat membaca dan menulis.

“Membaca itu sehat, menulis itu hebat,” kata Gol A Gong dihadapan Kepala MIN 11 Banda Aceh, dewan guru dan murid yang menyambutnya dengan antusias.

Dia menjelaskan, membaca dapat memperkaya pengetahuan dan menjaga kesehatan pikiran, sementara menulis merupakan sarana untuk mengekspresikan ide-ide secara kreatif.

"Pentingnya membiasakan membaca dalam kehidupan sehari-hari, karena buku adalah jendela dunia, Dengan membaca, kita bisa menjelajahi dunia tanpa batas,” ungkap Gol A Gong.

Kepala MIN 11 Banda Aceh, Bakhtiar menyambut baik kunjungan Gol A Gong. Kehadiran Duta Baca Indonesia merupakan kesempatan untuk menumbuhkan semangat literasi di kalangan peserta didik.

“Para murid MIN 11 sudah menunjukkan kreativitasnya dengan menghasilkan karya berupa buku antologi. Kunjungan Gol A Gong yang kedua kalinya ini diharapkan bisa memotivasi anak-anak agar terus berkarya," ujar Bakhtiar.

Kepala madrasah berharap, dengan kunjungan ini, Gol A Gong bisa kembali memberikan motivasi dan inspirasi kepada para murid, memotivasi anak-anak untuk keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan zaman.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi peserta didik kami untuk terus berkarya dan meningkatkan minat baca mereka,” imbuh Bakhtiar.

Sementara itu Ketua IPI Aceh, Nazaruddin Musa menambahkan, program kunjungan ini merupakan bagian dari upaya membangun budaya literasi di kalangan peserta didik agar mereka memiliki wawasan luas serta keterampilan menulis yang baik.

“Sekali lagi kami sampaikan, kita ingin membangun semangat literasi di kalangan peserta didik, agar mereka memiliki wawasan luas dan keterampilan menulis yang baik,” tegas Nazaruddin.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, selanjutnya Gol A Gong menyerahkan Al Qur'an serta pembagian buku kepada para murid sebagai bagian dari dukungan terhadap peningkatan budaya literasi di madrasah tersebut. (***)

Kontributor : Baihaqi